Nomor: S-347/BC.05/2017

Sifat: Segera

Hal: Penyampaian Informasi Terkait Pengenaan BM dan PDRI atas barang kiriman Impor melalui website PJT

Yth. Perusahaan Jasa Titipan (Daftar terlampir)

 

Sehubungan dengan adanya keberatan yang sering diajukan oleh penerima barang kiriman pengenaan PPh 100% lebih tiggi sebagai akibat todak adanya NPWP saat pengajuan dokumen kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa telat ditetapkan ketentuan mengenai pengenaan Bea Masuk, PPN dan PPh Impor atas barang kiriman impor berdasarkan Peraturan Mentri Keuangan nomor:182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.
  2. Berdasarkan peraturan tersebut, terhadap barang kiriman impor dengan nilai FOB USD 100 s.d. FOB USD 1.500 dengan menggunakan Consignment Note akan dikenakan bea masuk, PPN, dan PPh Impor:
    1. Pengenaan tariff bea masuk sebesar 7,5% sebagaimana diatur dalam PMK-182/PMK.04/2016.
    2. Pengenaan tariff PPN sebesar 10% sebagaimana diatur dalam UU PPN.
    3. Pengenaan tariff PPh Impor sebagaimana diatur dalam PMK-34/PMK. 10/2017.

Dalam hal tidak dapat mengajukan NPWP maka akan dikenakan tariff pph 100% lebih tinggi sebagaimana diatur dalam UU PPh Pasal 22 ayat (2): “Besarnya pungutan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yang diterapkan terhadap Wajib Pajak yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak lebih tinggi 100% (serratus persen) daripada tariff yang diterapkan terhadap Wajib Pajak yang dapat menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak.”

  1. Perlu disampaikan kembali pada masyarakat/penerima barang kiriman agar penerima barang menyampaikan nomor NPWP kepada penyelenggara pos atau mencantumkan nomor NPWP pada barang kiriman dan penyelenggara Pos mencantumkan NPWP penerima barang pada dokumen pabean sesuai dengan informasi yang diperoleh dari penerima barang.
  2. Berkaitan dengan hal tersebut, diatas, mohon bantuan Saudara paling lambat tanggal 23 juni 2017, sehingga penerima barang kiriman memeahami ketentuan pengenaan tarif BM, PPN dan PPh Impor diatas barang kiriman.

Demikian disampaikan, atas nama perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.