Meningkatkan Layanan Pelanggan dan Daya Saing Bisnis E-Commerce

RPX Hadirkan Inovasi Interkonektivitas Pengiriman Paket Berbasis Digital

Pelanggan dan pelaku e-commerce semakin mudah mengirimkan paket dengan “I-Drop”. Layanan pengantaran paket pertama di Indonesia yang menggabungkan kekuatan jaringan Indomaret sebagai industri ritel dengan RPX, penyedia jasa pengiriman dan logistik terpadu.

“RPX Mobile Apps” menawarkan fasilitas yang dapat diakses melalui ponsel pintar, guna memudahkan pelanggan saat merencanakan transaksi pengiriman paket dan pilihan pembayaran elektronik. Aplikasi dapat diunduh gratis dari playstore – android. Tampilan interface lebih menarik, dilengkapi fitur baru serta tersedia versi Bahasa Indonesia dan English. Perangkat ini menjadi program inovatif yang dikembangkan ITD RPX.

RPX Group memiliki jaringan luas domestik dan internasional sesuai slogan Fast: cepat, Reliable: terpercaya dan dapat diandalkan, Care: mengerti dan peduli kebutuhan pengiriman pelanggan.

Jakarta, 16 Mei 2016. RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (One Stop Logistics) meluncurkan layanan terbaru‘Indomaret Drop/I-Drop” dan “RPX Mobile Apps”.

Layanan tersebut sebagai solusi mudah mengirim paket paket, terutama untuk perdagangan elektronik (Electronic Commerce/E-Commerce). Pertumbuhan e-commerce diikuti meningkatnya pelaku marketplace dan industri kreatif (Usaha Kecil Mikro Menengah/UMKM) sejalan gaya hidup masyarakat berbelanja online yang kian meningkat.

RPX senantiasa menjadi “penghubung utama” sesuai model bisnis: business to business to customer (B2B2C) dan business to customer to customer (B2C2C).

Muhammad Kadrial, Vice President Services RPX Groupmenegaskan “RPX terus meningkatkan layanan, mendekatkan ke pelanggan, menjangkau area potensial yang belum terlayani saat ini dan memperluas jaringan melalui kerja sama 10.650 gerai Indomaret di Jawa dan Bali sebagai lokasi keberangkatan paket (origin shipment) ke tujuan seluruh Indonesia. Kemitraan bersama Indomaret dimulai 2014 yaitu menghadirkan “I-Paket”, inovasi jasa pengiriman paket khususnya disegmen ritel atau individual. Kini, layanan semakin diperkuat dengan hadirnya “I-Drop”.

Melalui “I-Drop”, pelanggan e-commerce dapat mengirimkan paket dengan berat maksimal 5 kg. “I-Drop” menjadi solusi pengiriman paket B2B2C yaitu e-commerce besar (marketplace korporasi) dan B2C2C pada segmen penjual individu yang memanfaatkan sosial media sebagai toko (social media shop).

Transaksi “I-Drop” yang ditawarkan RPX kepada pengirim/penjual e-commerce hanya tiga langkah mudah:

1. Setelah terjadi transaksi e-commerce, penjual akan mendapatkan notifikasi “I-Drop” secara otomatisdari RPX Mobile Apps.

2. Penjual membawa paket pesanan ke Indomaret terdekat.

3. Paket akan diantarkan RPX kepada pembeli.

Wiwiek Yusuf, Marketing Director PT Indomarco Prismatama mengatakan “Kolaborasi bisnis RPX dan Indomaret mendukung transaksi e-commerce. Bisnis online dapat diuntungkan dengan model jasa pengiriman seperti ini, terutama bila penjual online yang membutuhkan transaksi pengiriman paket mudah, aman dan cepat”.

Menurut Wiwiek, “E-Commerce dan ritel menjadi salah satu sektor bisnis dengan pertumbuhan signifikan. Tersedianya I-Paket dan I-Drop melengkapi layanan Indomaret saat ini, menjawab permintaan pelanggan sekaligus meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam pengiriman paket.

Interkonektivitas Pengiriman Berbasis Digital

Untuk mendukung “I-Drop”, RPX meluncurkan layanan pada perangkat ponsel pintar dengan nama “RPX Kiriman Express”, sebagai “The Most Updated RPX Mobile Applications”, yakni pengembangan dari RPX Mobile Apps yang diluncurkan pertama di Indonesia sejak Desember 2011.

Muhammad Kadrial, mengatakan “Transformasi digital akhirnya menuntut perusahaan terus berinovasi dalam menyediakan beragam terobosan layanan baru kepada pelanggan. Peningkatan kemampuan RPX Mobile Apps menjadi langkah pembaruan RPX sesuai permintaan pelanggan dewasa ini, penetrasi penggunaan internet, kemudahan operasional smartphone, meningkatnya penggunaan jejaring sosial serta memperkuat jaringan ritel dan e-commerce di Indonesia”.

Kadrial menambahkan “Sejalan perkembangan e-commerce, diharapkan semua pelaku bisnis terkait bersinergi memberikan edukasi dan solusi bertransaksi kepada publik. Misalnya, menjawab ketidakpercayaan konsumen, maka bersama-sama menyediakan kenyamanan berbelanja online, antara lain: saluran komunikasi penjual – pembeli jelas, tersedianya pilihan pembayaran yang bisa diterima banyak orang, penangangan barang secara tepat serta sistem pengantaran paket yang dapat diandalkan.

Transaksi melalui BNI 46

Untuk memberikan layanan hanya dalam genggaman yang terintegrasi teknologi dan pembayaran elektronik, RPX One Stop Logistics menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), sebagai salah satu bank terkemuka milik negara.

Welan T. Palilingan, General Manager Divisi Transactional Banking BNI 46, menyatakan “Sinergi BNI sebagai BUMN dengan swasta ini semakin memberikan nilai tambah bagi nasabah BNI, pelanggan RPX dan Indomaret.

“Saatnya pelanggan dimudahkan transaksi elektronik dalam hal pengiriman paket saat belanja online. BNI sangat mendukung industri ekspres dan logistik seiring penerapan pembayaran elektronik sesuai aplikasi digital dewasa ini. Terpenting lagi, kemitraan bersama RPX ini sebagai salah satu cara edukasi transaksi pembayaran dari perangkat mobile,” ujar Welan T. Palilingan.

Dukungan BNI terhadap penyediaan transaksi yang semakin mudah dilakukan dengan menopang sistem yang mendukung fasilitas myCashdari RPX. BNI dalam fasilitas myCash memudahkan pelanggan melakukan pengisian (top up) saldo yang nantinya dapat digunakan bertransaksi di RPX Mobile Apps, seperti membayar biaya transportasi/pengiriman (transportation fee payment): layanan pengambilan paket (pick up) atau mengantarkan paket ke lokasi pengiriman (drop off), pembayaran tunai atas nilai paket yang diterima (cash on delivery payment), membayar tagihan pengiriman paket dan pembayaran pajak bea masuk (duty tax).

Lebih lanjut menurut Kadrial “Setiap pelanggan yang mendaftar (register/sign up) di RPX Mobile Apps, mendapatkan virtual account (VA), salah satunya berfungsi dalam metode pembayaran. Secara keseluruhan, keandalan RPX Mobile Apps sebagai mobile apps untuk menawarkan kenyamanan bagi setiap pelanggan melalui fitur/menu yang dapat digunakan secara mobile dan respon yang tepat (real time)”.

RPX Mobile Apps memiliki berbagai keunggulan guna memudahkan pelanggan saat merencanakan transaksi pengiriman paket bersama RPX.

“Tersedianya fitur myCash, sebagai salah satu strategi berkesinambungan oleh RPX dan BNI untuk menyediakan akses pembayaran yang mudah, aman dan tepat bagi pelaku UMKM ke jalur perdagangan online atau e-commerce,” tambah Welan T. Palilingan.

“Fakta menariknya, kehadiran RPX Mobile Apps ini sejalan dengan jumlah pengguna perangkat mobile yang kian meningkat. RPX optimis, diluncurkannya RPX Mobile Apps ini akan diterima dengan baik oleh pelanggan dan target pasar, terutama bagi mereka yang membutuhkan jasa pengiriman tinggi. Layanan ini merupakan interkonektivitas RPX, network RPX, perbankan, e-commerce, digital dan mobile internet, ” pungkas Kadrial.

— Selesai –

Tentang RPX

RPX merupakan perusahaan penyedia layanan One Stop Logistics dengan berbekal pengalaman lebih 30 tahun di industri ini.

RPX memberikan layanan komprehensif dan terintegrasi melalui empat pilar, yaitu Express menawarkan Domestic Express dan International Express; Logistics menawarkan Logistics Warehouseing, Forwarding dan Distribution; Agency Service menawarkan Transit Warehouse,Customs Clearance, Line Haul Service dan Ancillary Service serta Property menawarkan Building and Development dan Industrial Estate.

Secara keseluruhan, hal tersebut menjadi komitmen utama dari semua unit bisnis dalam menyedikan layanan berkualitas dibawah naungan RPX Group.

Kinerja RPX diperkuat visi “RPX Group menyediakan layanan berkualitas, berpengalaman dan berdedikasi untuk memberikan pelayanan logistik terintegrasi (one-stop logistics).”

RPX Group berkantor pusat di Jakarta Selatan, memiliki jaringan tersebar di Indonesia dengan didukung lebih dari 1.600 sumber daya manusia berpengalaman dan sistem teknologi canggih.

Tentang Indomaret

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas ruang penjualan kurang dari 200 m². Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara pada 1988. Pada 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai.

Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan“Perusahaan Waralaba Unggul 2003″dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Hingga Maret 2016 Indomaret mencapai lebih dari 12.600 toko tersebar di kota-kota di Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.

Tentang BNI 46

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI didirikan pada 5 Juli 1946 dan menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak 1955.

Sampai akhir 2015, BNI memiliki 1.826 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/kota. BNI memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), 12 Consumer & Retail Loan Center (LNC), dan 3 (tiga) outlet money changer.

BNI kini memiliki 16.071 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 521 kabupaten/ kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura. Jaringan ATM tersebut juga dapat melayani transaksi kartu debit berlogo Link, ATM Bersama dan Prima.

·BNI sebagai holding perusahaan telah memiliki 4 anak perusahaan, yaitu BNI Syariah (perbankan syariah), BNI Life (perasuransian), BNI Securities (pasar modal), dan BNI Multifinance (pembiayaan). BNI Asset Management merupakan anak perusahaan dari BNI Securities.